Selasa, 30/Apr/2024 10:33 WIB

Sprint Rally 2023 : Ryan Nirwan Cetak Hattrick dan Raih Juara Nasional Group M

Ryan Nirwan (kiri) dan Adi Indiarto, cetak hattrick di Kejurnas Sprint Rally 2023



OTOSTAR.ID - TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) akhirnya mampu meraih back-to-back gelar juara nasional Group M (AWD) Kejurnas Sprint Rally setelah meraih hattrick podium pertama Kejurnas Sprint Rally 2023 Seri ke-6 di Sport Center Indramayu, Jawa Barat, Sabtu-Minggu (28-29/10/2023). 

Pushing the Limit for Better, pasangan perally TGRI Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto berhasil memaksimalkan performa GR Yaris AP4 hingga race terakhir dengan mencatat waktu tercepat pada 3 dari 4 Special Stage (SS) yang dilombakan.

Mengalahkan berbagai perally dengan spesifikasi kendaraan yang lebih tinggi bahkan setara dengan Rally2.

“Kami bangga atas kerja keras tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) mengingat rival-rival di Kelas M1 turun dengan spesifikasi race car lebih powerful," kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

GR Yaris AP4, andalan Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto

"Dengan semangat continuous improvement, engineer TGRI sanggup mengubah kelemahan ini menjadi tantangan guna meningkatkan performanya. Hasilnya, hattrick podium pertama mulai dari seri ke-4 hingga seri ke-6 berhasil mengangkat posisi GR Yaris AP4 bersama Ryan Nirwan dan Adi Indiarto, mengantarkannya kembali dan meraih gelar back-to-back Juara Nasional Group M (AWD) Kejurnas Sprint Rally 2023," terang Anton Jimmi.

"Pencapaian ini selain merupakan penyemangat, juga menjadi modal kuat TAM untuk menurunkan mobil dan teknologi dengan spesifikasi yang lebih baik untuk menjawab kompetisi yang tentunya lebih ketat di tahun depan,” tambah Anton Jimmi.

Kejurnas Sprint Rally 2023 Seri ke-6 yang ikut menjadi agenda HUT Kabupaten Indramayu ini tersaji cukup menantang dengan karakter track medium speed yang siap menguras konsentrasi perally.

Sebanyak 4 Special Stage (SS) di jalan aspal (tarmac) sepanjang 3,4 km merupakan lintasan balap baru yang belum pernah digunakan sebelumnya.

Alhasil, pembalap harus dapat beradaptasi secepat dan seefektif mungkin di rentang waktu yang terbatas.

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) memulai musim ini Sebagai Juara Nasional Kejurnas Sprint Rally 2023.

Namun crash pada seri ke-2 di Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang, Jawa Timur membuat tim kehilangan poin yang berhasil ditebus di seri ke-3 dengan raihan posisi keempat. 

Pushing the Limit for Better, duo Ryan dan Adi memperoleh support luar biasa dari engineer TGRI yang berhasil meningkatkan performance GR Yaris AP4 untuk tampil flat out untuk merebut juara pertama pada 3 seri terakhir.

Prestasi ini menempatkan pereli TGRI di posisi kedua klasemen umum dengan 50 poin di mana pesaing di posisi pertama memiliki 55 poin, yang juga berarti membuka peluang juara nasional.

Ryan dan Adi berkompetisi di kelas paling bergengsi M (sedan all-wheel-drive) kategori A menggunakan GR Yaris AP4 sesuai regulasi reli AP4 (Asia-Pacific 4WD).

Mereka mencatat waktu tercepat kedua 03:28.6 di SS 1 dan menebusnya di SS 2 dengan catatan waktu tercepat pertama 03:22.6, Sabtu (28/10/2023).

Tidak mau kehilangan momentum, engineer TGRI mempertahankan performanya di jeda balap supaya dapat kembali tampil maksimal.

Hasilnya tidak sia-sia karena mereka kembali mencatatkan waktu tercepat pertama 03:21.8 di SS 3 dan 03:20.6 di SS 4, Minggu (29/10/2023).

Sempat hopeless, namun Ryan dan Adi dengan GR Yaris AP4 bangkit di 3 seri terakhir 

Dengan catatan waktu total 13:33.6, perally TGRI berhasil meraih podium pertama dengan selisih waktu 02.7 detik.

”Kami bersama tim TGRI membuktikan bahwa semangat pushing the limit for better perlahan mampu membawa tim kembali meraih juara nasional Kejurnas Sprint Rally 2023," kata Ryan Nirwan, perally TGRI.

Bahkan meskipun level of competitiveness GR Yaris AP4 di bawah para pesaing utama di grup paling bergengsi Group M (AWD), kerja keras engineer TGRI berhasil meningkatkan performanya di tiap race hingga mampu merebut hattrick juara pertama di seri ke-4 sampai ke-6.

"Semoga kemenangan tahun ini dapat meningkatkan semangat tim TGRI untuk langsung meraih poin maksimal sejak seri pertama tahun depan,” lanjut Ryan Nirwan.




BACA JUGA