Kamis, 25/Jul/2024 19:58 WIB

LFN HP969 Road Race Championship 2024 GBT Surabaya, Cara Haji Putra Rizky Bangun Industri Motorsport

Haji Putra Rizky (kiri) dan navigator M Redwan, pimpin klasemen perally Kejurnas Sprint Rally 2024



OTOSTAR.ID - Road race adalah Haji Putra Rizky. Haji Putra Rizky adalah balap motor. Pria 32 tahun yang kini jadi pengusaha nan sukses tersebut sejak remaja memang sangat menyukai road race.

Iya, pernah lah turun sebagai pembalap di beberapa event road race. Namun kemudian memilih membuat tim dan juga mensupport event road race.

Jika kemudian bos PT LFN (Lintas Fortuna Nusantara) yang bergerak di bidang transportasi batubara - satu dari beberapa perusahaan milik Haji Putra Rizky - ini, kemudian menggelar event road race paling wah dengan hadiah jumbo, pun itu bagian dari ekspresi.

Ekspresi untuk memajukan motorsport, khususnya road race (baca : balap motor), itu keluar dari dalam lubuk hati yang paling dalam.

Para juara LFN HP969 Road Race Championship di Purwokerto, September 2023. (foto : balapmotor.net)

Karena Haji Putra Rizky memang menyukai olahraga yang satu ini - meski bukan lagi sebagai pembalap - sampai event yang digelarnya pun nama road race yang dipilihnya : LFN HP969 Road Race Championship.

Kini, untuk kali ke-3, Haji Putra Rizky siap menggelar LFN HP969 Road Race Championship di GBT (Gelora Bung Tomo) Surabaya, Jawa Timur, 23-24 Juni pekan depan.

Yang istimewa, untuk event yang digelarnya dengan pendaftaran murah, termasuk sewa paddock, namun menyiapkan hadiah hingga Rp 1,6 miliar untuk juara umum.

Sedangkan untuk setiap serinya, disediakan hadiah hingga ratusan juta rupiah. Kelas yang dilombakan dari motor 4 Tak, 2 Tak hingga motor matic. Balapannya dihelat dari pagi, siang hingga malam hari (night race).

Andakan Skoda Fabia Evo2, Haji Putra Rizky juara Kejurnas Sprint Rally 2024 di Yogyakarta

BERIKAN YANG TERBAIK

Haji Putra Rizky ingin selalu eventnya berlangsung sempurna. Agar menjadi venue yang menyukai balap, keselamatan dan tantangan, sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya pun dilakukan perbaikan.

Dari tikungan pertama yang "dirapikan", overlay (pengaspalan ulang), penyempurnaan run off, hingga urusan printilan seperti pengecatan kerb, dilakukan beberapa bulan sebelum LFN HP969 Road Race Champonship di GBT dihelat.

Untuk ini, termasuk penyelenggaraan, dipercayakan kepada Mawan Dragon dan Bobby Aranxta, dengan bendera Dragon Production.

Oya, dua acara sebelumnya diadakan tahun lalu. LFN HP969 Road Race Championship seri 1 di sirkuit GOR Satria Purwokerto, 29-30 September, dengan penyelenggara Genta AutoSport.

Haji Putra yang juara, Rajendra yang angkat pialanya

Sedangkan Grandfinalnya dilangsungkan di Sentul International Karting Circuit (SIKC) Bogor, 30-31 Desember 2023, dengan penyelenggara Pride Motorsport yang dikomandani Arif Syahbani.

Kenapa pembuatnya selalu berbeda? Pemerataan rezeki, begitulah kira-kira. Seperti alasan Haji Putra Rizky ketika eventnya tidak untuk pembalap reguler Kejurnas Balap Motor OnePrix.

“Sebenarnya saya tidak mengambil keputusan semata.Tetapi, setelah ngobrol dengan para pembalap, tim dan komunitas. Maksudnya ya, pemerataan saja. Pembagian rezekinya biar merata,” ujar Haji Putra Rizky belum lama ini.

Toh, Haji Putra Rizky sosok yang tidak kaku, moderat dan mau mendengar argumentasi yang masuk akal serta bermanfaat bagi banyak orang.

Kemudian, dia membolehkan peserta kelas Beginner dan Rookie OnePrix ikutan di LFN HP969 Road Race Championship seri 1 di GBT Surabaya pekan depan.

Emang nggak boleh? Boleh aja dong. Tidak ada peraturan yang melarang untuk itu. Duit duitnya Haji Putra.

Tidak hanya pembalap Beginner dan Rookie, kalau pembalap Novice dan Expert OnePrix boleh ikutan eventnya Pak Bos Haji Putra, tentu juga akan lebih baik lagi. Nggak bos Putra?

Iya, seri 1? Lalu, seri LFN HP969 Road Race Championship 2024 apa yang akan digelar?

“Dari beberapa kali ngobrol dengan Pak Haji, ingin bisa menggelar LFN HP969 Road Race Championship 2024 di Kemayoran,” ungkap Raden Faiz Akhdan, manager LFN HP969.

Namun disadari memang tidak mudah mendapatkan slot bisa menggelar event road race di ruas jalan H Benyamin Suaeb Kemayoran Jakarta.

Tempat di mana dulu, sering digunakan untuk road race, dengan menutup jalan oleh penyelenggara balap Herman Gunardi, dan mengalihkan rute atau menyisakan satu lajur untuk pemakai jalan umum.

Namun rasanya, menurut prediksi penulis, LFN HP969 Road Race Championship tahun ini bakal mendarat di Kemayoran. Apa sih nggak bisa bagi Haji Putra Rizky?

HAJI PUTRA PIMPIN KLASEMEN SPRINT RALLY

Oiya kabar baik, Haji Putra Rizky saat ini memimpin klasemen Kejurnas Sprint Rally 2024 dengan nilai sempurna. Dua seri yang digelar di Jembrana (Bali) dan Yogyakarta, dimenangkan Haji Putra Rizky.

Memang masih ada 4 seri lagi. Namun menurut Rifat Sungkar, maskot dan master reli Indonesia. “Jika tidak ada hal-hal yang luar biasa, rasanya Haji Putra bakal menjadi juara nasional. Makin ke sini, cara bawa mobilnya ditingkatkan terus. Dia kini dia salah satu perally tercepat Indonesia,” tutur Rifat Sungkar, juara APRC Rally 2023. (iwan )

 

 

 

 

 




BACA JUGA