Selasa, 05/Mar/2024 14:29 WIB

Juara OnePrix 2023, Chandra Hermawan Selebrasi Jaran Kencak di Sirkuit Mijen Semarang

Chandra Hermawan, juara nasional kelas OP2 Novice One Prix 2023



OTOSTAR.ID - Ada yang menarik pada selebrasi kemenangan Chandra Hermawan sebagai juara 1 kelas OP2 (Novice) OnePrix 2023 di sirkuit Mijen Semarang, Minggu (12/11/2023).

Chandra usai melakukan putaran kemenangan memutari 1 putaran, langsung disambut kru tim Yamaha Aditama Berau Kalimantan Timur, dipasangkan blangkon khas ala Lumajang dan pecut.

Sejurus kemudian, juara nasional OP2 OnePrix 2023 ini memperagakan seolah-olah naik kuda sambil memecut agar berlari ke depan.

“Itu kemarin khas dari kota saya, Lumajang (Jawa Timur) yaitu Jaran Kencak. Iya itu sudah dipersiapkan sebelumnya sih, untuk menyambut kemenangan di OnePrix,” ujar Chandra.

Menurut Chandra, pemuda kelahiran 19 tahun berdarah Madura itu, Jaran kencak adalah salah satu kesenian khas Lumajang.

"Kesenian tradisional di Lumajang, tari khas Jaran Kencak. Kalau ada kayak acara ulang tahun kabupaten Lumajang, pasti ada tarian Jaran Kencak sekalian sama kudanya. Kuda asli maksudnya, om," terangnya.

Chandra juga membenarkan bahwa ikat yang dipakai di kepalanya itu bernama blangkon. Sedangkan yang dipegangnya adalah pecut.

Chandra yang merupakan lulusan Madrasah Aliyah Lumajang (setara SMA), telah dua tahun memperkuat Yamaha Aditama Berau.

“Alhmdulillah bos (pemilik tim Yuniar Rizal), telah memastikan saya tahun depan ngegas di kelas Expert sama tim Yamaha Aditama Berau. Dan terima kasih kepada bos, atas bonus yang akan diberikan kepada saya menjadi juara nasional Novice OnePrix 2023,” ungkap Chandra.

Kemenangan yang sempurna bagi Chandra dan tim Yamaha Aditama Berau Kaltim

Boleh tahu, bonusnya berapa?

"Nggak diminta pun pasti dikasi ama bos, om. Saya nggak bisa sebutin, tapi itu lebih dari cukup hehe," pungkas Chandra.




BACA JUGA