Selasa, 05/Mar/2024 13:23 WIB

H Rihans - Wono Juara Sprint Rally 2023 : Tak Mudah, Penuh Perjuangan dan Kompetitor Sangat Tangguh

H Rihans Variza (kanan) dan Anthony Sarwono



OTOSTAR.ID - Akhirnya titel juara nasional bergengsi Sprint Rally 2023, menjadi milik H Rihans Variza dan navigator Anthony Sarwono dari tim HRVRT BGM HBM BMB.

Kenapa disebut bergengsi? Iya, karena tingkat kompetisi Kejurnas Sprint 2023 leval tinggi, berkelas dan diwarnai drama dari seri satu ke seri berikutnya yang sulit ditebak.

Manuver sangat berani di tikungan, hanya bisa dilakukan perally dengan skill tinggi

Seperti sang juara musim ini, H Rihans bahkan bersama tim strateginya seperti Rizal Sungkar, TB Adhi hingga Anthony Sarwono, selalu membuat simulasi, terutama sejak seri 4 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage Bandung, 9-10 September lalu.

Terlebih ketika H Putra Rizky mengalami Gearbox Trouble (girboks rontok) pada Skoda Fabia-nya, DNF (Did Not Finish) pada Sabtu, H Rihans kemudian posisinya di atas angin. Sehingga pertarungan 2 SS (Special Stage) hari Minggu, head on dengan Ryan Niirwan, pilih strategi jaga poin.

Seri 5 di Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang (14-15/10/2023) dan seri 6 di Sport Center Indramayu (28-29/10/2023) pun menjadi sangat menarik persaingan di antara para perally seeded M1.   Iya, kami bersyukur akhirnya bisa tampil sebagai juara, yang perjuangan untuk mendapatkannya tidak mudah dan penuh perjuangan. Para kompetitor juga sangat tangguh, dan tidak mudah dikalahkan," terang Anthony Sarwono, co-driver H Rihans Variza.

Wono - sapaan akrabnya - merupakan salah satu co-driver senior sarat pengalaman, yang juga ahli strategi. Tidak perlu P1 (juara 1) di banyak seri untuk menjadi juara nasional. Tapi, performa konsisten lebih penting.

H Rihans dan Wono tercatat hanya sekali menjadi juara, yakni seri 2 pada 20-21 Mei di Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang, Jawa Timur. Pada 5 seri lainnya, secara berurutan H Rihans meraih P3 seri 1, P1 (seri 2), P3 (seri 3), P2 (seri 4), P4 (seri 5) serta P2 (seri 6). 

Aksi "Hyundai i20 55" memukau penonton di tribun Sport Center Indramayu

"Kuncinya, konsistensi di setiap seri. Alhamdulillah, kami bisa melakukan itu dengan baik di 6 seri Kejurnas Sprint Rally 2023," imbuh Wono.   Namun begitu harus berganti mobil pada seri 5 di Malang (dari Ford Fiesta Rally2 ke Hyundai i20 Rally2), tim pun harus menghitung dengan cermat. Karena perlu durasi waktu untuk beradaptasi.

Hal itu pun coba dilakukan optimal, dengan latihan secara private (menutup trek, dimungkinkan karena HRVRT salah satu sponsor) begitu Hyundai i20 tiba di Malang, yang langsung ditowing begitu merapat di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Selasa (10/10/2023). 

Sukses H Rihans Variza, berkat kesiapan dan kekompakan seluruh tim HRVRT

Dan benar, itu kali pertama H Rihans finish P4 (juara 4). Pada 4 seri sebelumnya nggak pernah terlempar dari top three. Namun di situ kuncinya.

"Saya berusaha trial dan explore maksimal Hyundai i20. Saya merasa telah mendapatkan feel, meski masih jauh dari 100 persen. Ini menjadi modal penting ke seri 6 di Indramayu, saya makin paham mengemudikannya," senyum H Rihans.




BACA JUGA