Selasa, 05/Mar/2024 14:04 WIB

Kejurnas Sprint Rally 2023 di Indramayu Hanya Diikuti 50 Starter, Ini Kata Fredi Ojo Sebagai Ketua OC

Fredi Rostiawan, peserta berkurang karena beberapa faktor



OTOSTAR.ID - Pentas Kejurnas Sprint Rally 2023 seri 6 berlangsung seru, ketat dan menarik di area Sport Center Indramayu, Jawa Barat, Sabtu-Minggu (28-29/10/2023).

Itu karena perebutan gelar juara nasional ditentukan di Indramayu, antara 2 perally terbaik Kalimantan yakni H Rihans Variza (Binuang, Kalsel) dan Ryan Nirwan (Balikpapan, Kalsel).

Benar-benar ketat. Pada SS (Special Stage) hari Sabtu kemarin, SS1 dimenangkan H Rihans dan navigator Anthony Sarwono yang menggunakan Hyundai i20 Rally2.

Namun pada SS2, ganti Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto dari Toyota Gazoo Racing Indonesia mengandalkan GR Yaris Sport AP4 menjadi yang tercepat.

Namun ada pula yang bertanya, kenapa seri terakhir Kejurnas Sprint Rally 2023 di Indramayu pesertanya tidak sebanyak seri-seri sebelumnya. Tercatat hanya 50 starter.

Menurut Fredi "Ojo" Rostiawan, penyelenggara dari promotor nasional Pangarang RacingTeam Indonesia, menyebutkan salah satu faktor penyebabnya perally yang tidak memiliki kans menjadi juara dan naik podium memilih tidak ikutan.

"Yes. Beberapa peserta yang poin-nya sudah terlempar dari 5 besar, banyak yang nggak ikut. Lalu, ada yang terpaksa harus stay di tempat, seperti H Putra Rizky yang menanti kelahiran anak kedua, Fitra Eri yang liputan Japan Mobility Show dan yang lain," terang Fredi.

Di mata Petrus Aviantoro "pemain lama" yang kali ini turun menjadi navigator Deddy Riyadi menyebutkan faktor terlalu dekat dari seri 5 di Malang, yang hanya 2 minggu menjadi penyebab utama.

"Saya kira karena waktunya sangat dekat, hanya 2 minggu. Kan tidak semua perally seperti para perally Group M itu, yang (uangnya) nggak habis-habis hehe," ungkap Avi, panggilan Petrus Aviantoro.

Alasan berikutnya, banyak perally sudah mulai fokus ke Kejurnas Rally seri 3 sekaligus APRC Final di Sumatra Utara, 25-26 November depan. Bahkan beberapa mobil sudah stay di sana, dari Danau Toba Kejurnas Rally 2023 lalu.

Meski begitu, Kejurnas Sprint Rally 2023 di Indramayu kemarin, menjadi magnet komunitas rally serta pengunjung mengingat event dihelat di tengah kota. 

Fredi pun sangat mengapresiasi kehadiran Bupati Indramayu Nina Agustina, Ketua IMI Jawa Barat Daniel Muttaqien Syafiudin merupakan putra daerah Indramayu.

Serta menyampaikan terima kasih pada sponsor yakni InterSport Gudang Garam, LFN Sederhana Motorsport, HRVRT, Toyota Gazoo Racing Indonesia, Apriwa Motorsport, Viva TGM, Jangkar Biru serta Sejati. 

 




BACA JUGA