Selasa, 05/Mar/2024 13:54 WIB

Hadiah Istimewa Untuk HUT RI ke-78 Haridarma Manoppo dan TGRI Dari Jepang

Toyota GR Supra GT4 andalan Haridarma Manoppo juara balap mobil di sirkuit Okayama Jepang



OTOSTAR.ID - Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) memberikan hadiah HUT RI ke-78 dengan meraih kemenangan di tingkat regional yang lebih tinggi pada ajang touring car kelas GT4 wilayah Asia dan Jepang, serta podium juara dari gelaran Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023.

Datang sebagai rookiesports car Toyota GR Supra GT4 berhasil membawa pembalap TGRI Haridarma Manoppo bersama pembalap Jepang Nonaka Seita mengharumkan nama Indonesia, meraih podium pertama Kelas GT4 Fanatec GT World Challenge Asia 2023 Seri ke-9 dan podium ketiga Seri 10 di Sirkuit Okayama Jepang, Sabtu (19/8/2023).

Prestasi membanggakan berikutnya ditorehkan pembalap Jepang Takuma Aoki yang berhasil menempatkan merah putih di podium pertama Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 dengan rute melintasi negara Thailand dan Laos, 14–19 Agustus 2023.

Dengan semangat continuous improvement, podium ke-2 direbut pembalap TGRI lainnya, TB Adhi dalam perjuangan yang menguji kekuatan fisik dan mental pembalap sejauh lebih dari 2.000 km.

Takuma dan Adhi bertarung dengan menggunakan Fortuner 2.8 GR Sport bermesin diesel yang terbukti keandalannya di medan cross country yang menuntut daya tahan kendaraan sepanjang lomba.

Melengkapi pencapaian manis dan hadiah luar biasa dari TGRI untuk Indonesia di kancah regional.

“Di momen HUT RI ke-78 yang penuh kebahagiaan ini, dengan semangat pushing the limit for the better TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) melatih pembalap Haridarma Manoppo bersama pembalap Jepang Nonaka Seita, untuk menjalankan tantangan lebih tinggi dengan berlaga di Fanatec GT World Challenge Asia 2023 Seri ke-9 dan ke-10 di Sirkuit Okayama Jepang," kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor.

Mengandalkan Toyota GR Supra GT4, keduanya dengan penuh rasa percaya diri meraih podium pertama dan kedua Kelas GT4.

"Pembalap TGRI lainnya Takuma Aoki dan TB Adhi berhasil pula meraih podium pertama dan kedua Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 di Thailand dan Laos. Dua prestasi luar biasa ini, menambah semangat TGRI untuk mencatatkan prestasi tinggi lainnya di ajang balap regional,” lanjut Henry Tanoto.

Setelah melakukan serangkaian development dan ikut serta pada sesi free practice di tahun 2022, tim TGRI tampil perdana di seri pembuka balap touring car Fanatec GT World Challenge Asia 2023 di Chang International Circuit Thailand, 12– 14 Mei 2023 silam.

Haridarma Manoppo berlaga bersama pembalap Jepang Nonaka Seita, menggunakan sports car Toyota GR Supra GT4 yang sudah dimodifikasi sesuai regulasi balap Kelas GT4.

Perjuangan Haridarma merupakan bukti keseriusan TGRI untuk mengantarkan pembalapnya naik ke jenjang lebih tinggi dengan turun ke lomba yang lebih kompetitif.

Persaingan di Kelas GT4 menggunakan mobil balap buatan pabrikan yang tersedia untuk umum, dan dimodifikasi sesuai regulasi sehingga seluruh peserta memiliki level performa yang setara.

Dengan begitu, semua pembalap memiliki daya saing tinggi dan balapan dapat berlangsung dengan sengit sehingga kesempatan semua tim untuk meraih gelar juara menjadi setara.

Secara garis besar, balap GT4 diadakan di 3 regional, yaitu Asia khususnya Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat.

“Kami belum berencana untuk berlaga penuh tahun ini dan hanya ikut serta di 3 negara atau 6 seri balapan, yakni Thailand, Jepang, dan Malaysia sebagai race penutup musim ini."

"TGRI menargetkan untuk beradaptasi semaksimal mungkin pada kondisi aktual race GT4 yang tidak kenal kompromi, mendapatkan sebanyak mungkin data race car kami di sirkuit, dan melakukan serangkaian adjustment untuk memperoleh catatan waktu yang semakin baik pada setiap seri balapan," terang Haridarma Manoppo, pembalap TGRI.

"Selain itu, kerjasama antara pembalap dan kru TGRI juga tampil maksimal dengan semangat mengharumkan nama Indonesia di kancah regional yang menghasilkan support system optimal bagi para pembalap,” lanjut Haridarma Manoppo.

 Bermodalkan DNA motorsport Toyota, tim TGRI dapat menjalani masa adaptasi dengan baik pada lomba ketiganya ini.

Duo pembalap TGRI mencatatkan waktu tercepat ketiga 1:46.954 di official practice pertama dan dipertajam menjadi waktu tercepat pertama 1:37.524 di official practice kedua.

Tapi saat kualifikasi pertama, keduanya hanya menempati posisi ke-4 dengan lap time 1:37.868, sementara pada kualifikasi kedua naik ke posisi ke-2 dengan catatan waktu 1:36.126.

Race pertama di hari Sabtu (19/8) berlangsung sangat ketat. Apalagi 6 tim balap lainnya memiliki daya saing yang tinggi lantaran sudah berlaga di 6 seri Fanatec GT World Challenge Asia 2023 sebelumnya.

Namun kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat tim TGRI dalam meningkatkan performance GR Supra GT4 dan berjuang tanpa kenal menyerah hingga garis finish.

 Hasilnya, pasangan Haridarma dan Nonaka berhasil meraih juara pertama dengan catatan waktu 1:00:24.870 setelah menempuh lomba sepanjang 35 laps, unggul jauh 27.946 detik dari juara ke-2 yang juga menggunakan GR Supra GT4.

Persaingan seri ke-10 di hari Minggu (20/8) menjadi ujian berat bagi kedua pembalap TGRI karena rivalnya sudah mulai memahami karakter dan style balap mereka.

Dengan semangat continuous improvementengineer Haridarma dan Nonaka menyesuaikan performance dan handling race car yang digunakan sehingga sanggup mempertahankan keunggulan meraih juara kedua dengan catatan waktu 1:01:58.684 selama 36 putaran.

Masing-masing pembalap memperoleh poin 43 dari kedua seri lomba.

Prestasi ini menempatkan Haridarma Manoppo dan Nonaka Seita di posisi ke-3 Klasemen Pembalap Kelas GT4 dan TGRI di posisi ke-3 Kelas GT4 Klasemen Tim Fanatec GT World Challenge Asia 2023.

Seri terakhir Fanatec GT World Challenge Asia 2023 akan diadakan di Sirkuit Sepang Malaysia, 22–24 September 2023 mendatang. (hengky)




BACA JUGA